SELAMAT DATANG dan JANGAN LUPA KOMENTARNYA :)
Home Profile Facebook Twitter Myspace You Tube Skype Tumblr
Kompas Tempo Detiknews Bali Post
Google Yahoo MSN
Blackberry Iphone Android
Blogger Photoshop

Senin, 26 November 2012

Merokok bikin bodoh. Benarkah ?


Sebuah penelitian terbaru menunjukan kalau merokok bisa menyebabkan kerusakan memory, kemampuan belajar dan berpikir. Efek itu berkaitan dengan resiko serangan jantung atau stroke yang diakibatkan oleh merokok.

Para peneliti di King's Collage London memeriksa kaitan antara kemungkinan serangan jantung atau stroke dan kesehatan otak sebagai dampak merokok.

Mereka mengumpulkan data mengenai kesehatan dan gaya hidup dari 8.800 orang berusia di atas 50 tahun dan mengetes kemampuan otak mereka. Tes itu seperti meminta para  peserta mempelajari kata-kata atau nama-nama baru yang berhubungan dengan binatang dalam satu menit.

Tes yang dilakukan menunjukan secara garis besar, resiko serangan jantung atau stroke "berkaitan dengan penurunan fungsi kognitif"

Mereka yang beresiko tinggi menunjukan penurunan yang besar dalam funsi kognitifnya. Para peneliti juga melihat "hubungan konsisten" antara merokok dan skor yang rendah dalam tes.

"Penurunan fungsi kognitif menjadi lumrah seiring dengan penuaan yang besar dalam fungsi kognitifnya. Jumlahnya bertambah dan mengganggu fungsi kognitif sehari-hari dan kesejahteraan," kata Dr. Alex Dregan, salah satu peneliti yang terlibat.

"Kami telah mengidentifikasi sejumlah faktor resiko yang mungkin berasosiasi dengan percepatan penurunan fungsi kognitif, yang mungkin dapat berubah." katanya, seperti yang dikutip dari BBC.

Tetapi para peneliti belum menemukan pengaruh penurunan fungsi kognitif itu terhadap kehidupan sehari-hari. Mereka juga belum yakin apakah penurunan dini fungsi otak itu berakibat pada demensia di masa mendatang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.